Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android - Berawal dari kebingungan saya ketika hendak merubah dokumen yang kurang sejajar pada setiap sisinya ketika saya ambil melalui kamera digital (maklum tidak ada mesin scanner, terpaksa harus mengambilnya dengan alat seadanya), sedangkan dokumen tersebut harus saya cetak dan harus sesuai dengan ukuran kertas agar terlihat seperti di scan.

Jika gambar berada di memori Hp mungkin saya akan gunakan aplikasi android seperti yang pernah saya posting artikel tentang cara scan foto dan dokumen menggunakan Hp, tapi masalahnya gambar sudah berada di dalam komputer, untuk melakukan transfer ke Hp juga males karena nanti bakal di transfer lagi ke komputer.

Aplikasi untuk scan melalui Hp terutama aplikasi yang ber-OS Android maupun iPhone OS (iOS) ternyata cukup banyak sekali bertebaran di playstore, namun sayangnya aplikasi yang serupa seperti di Android tidak ada untuk PC/komputer.

Beberapa kali saya coba mencari aplikasi yang serupa dengan yang ada di Android, namun belum ada aplikasi khusus untuk PC/komputer.

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

Tapi jangan khawatir, justru karena itu saya posting tentang ini untuk memberikan solusi, agar kamu bisa melakukan edit foto yang tampak menyamping menjadi tampak dari depan seperti halnya kita menggunakan aplikasi scan di ponsel Android.

Cara ini menjadi alternatif bagi kamu yang tidak memiliki mesin scanner atau pun ponsel yang kamu miliki tidak terinstall aplikasi scanner.
Baca juga : Cara scan foto dan dokumen menggunakan Hp
Untuk pengambilan gambar/foto cukup gunakan kamera ponsel atau kamera digital, selanjutnya kirim ke komputer.

Pertama yang harus dipersiapkan adalah aplikasi Photoshop, saya yakin kamu juga memiliki aplikasi ini pada PC atau laptop yang sedang kamu gunakan, karena untuk saat ini rata-rata setiap komputer terinstall aplikasi Photoshop khususnya komputer pribadi.

Awalnya saya tak menyangka juga ternyata aplikasi yang sekian lama saya cari sudah ada di komputer saya, maklum saya bukan orang yang ahli Photoshop dan belum tau kalau Photoshop bisa melakukan hal itu, ketemunya tips ini juga tanpa sengaja saat mengotak-atik Photoshop.

Jika komputer yang sedang kamu gunakan saat ini sudah terinstall aplikasi Photoshop maka tinggal kamu ikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan dibawah ini secara detail beserta gambar agar kamu bisa mengikuti dengan mudah meski kamu bukan seorang yang mahir Photoshop.

Oke cukup basa-basinya, sekarang kila langsung ke prakteknya!

Cara Edit Foto yang Tampak dari Samping Menjadi Tampak dari Depan Menggunakan Photoshop :

1. Berikut ini adalah contoh file gambar yang akan kita jadikan bahan percobaan, kita akan memangkasnya sesuai background putih (foto diambil menyamping).

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

2. Buka aplikasi Photoshop, dan buka foto yang ingin kita edit di Photoshop, pilih menu File -- Open -- pilih Foto/Gambar -- klik tombol Open.

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

3. Pilih Perspective Crop Tool (jika tidak ada dikumpulan Tools, klik kanan pada Crop Tool, lalu pilih Perspective Crop Tool).

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

4. Selanjutnya klik satu-satu pada setiap pojok foto yang ingin dipotong, jika keempat titik sudah pas, silahkan tekan tombol Enter pada keyboard.

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

5. Kini hasilnya, foto yang awalnya tampak menyamping dan miring kini sudah menjadi tegak dan tampak sejajar pada setiap sisinya.

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

6. Selanjutnya simpan hasilnya, pilih menu File -- Save As -- pada kotak File name: tentukan nama filenya -- pada kotak Save as type: pilih JPEG -- klik tombol Save.

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

7. Pada jendela JPEG Option, isi Quality : 12, Format Options: Progressive = 5 -- OK.


8. Selesai, kini foto yang sebelumnya tampak menyamping kini sudah sejajar pada setiap sisinya dan seolah-olah tampak dari depan.

Aplikasi Scan Dokumen untuk PC Seperti di Android

Bagaimana, cukup mudah gak?

Jika ada pertanyaan silahkan tuang dalam kotak komentar, selamat menikmati semoga membawa manfaat, sampai jumpa di postingan berikutnya. Wassalam!

Jangan lupa berbagi untuk orang lain dengan cara bagikan artikel ini dengan menekan tombol share dibawah postingan ini, terimakasih.
Buka komentar
Tutup komentar

6 comments:

  1. Cocok sama pos saya hari ini soal memanfaatkan kamera dan sedikit utak atik di laptop (kalau males fotokopi dan tidak punya alat scan) hihih. Terima kasih pos-nya, sangat bermanfaat, artinya saya harus balik ke photoshop lagi ketimbang photoscape yang super sederhana itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung meluncur, jadi penasaran dengan postingannya...

      Delete
  2. cepat mana mas dengan camscanner.

    ReplyDelete
    Replies
    1. CamScanner merupakan aplikasi scan untuk smartphone seperti Android, jika melihat perbandingannya tentu akan lebih cepat menggunakan camscanner (jika objek masih akan dibuat atau sudah ada dalam smartphone).
      Bagaimana jika objek diambil dari kamera digital?
      Postingan ini ditujukan untuk objek (foto/dokumen) dari kamera digital atau yang sudah ada dalam PC/Laptop, jadi jika tidak mau repot harus transfer dari pc ke ponsel mending langsung edit melalui PC!

      Delete
  3. ini dia yang lagi saya cari, kebetulan lagi nyari app yang bisa scan akurat dan hasilnya maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung tancep... Masuk pak ekooo... 😂

      Delete