Potensi Blog Untuk Generasi Muda Jaman Now

Potensi Blog Untuk Generasi Muda Jaman Now - Generasi muda jaman now pergaulannya semakin memprihatinkan, seperti kenakalan remaja, tawuran, penggunaan obat-obatan terlarang, dan masih banyak lagi kebiasaan anak muda yang merusak mental dan adat istiadat di Indonesia.

Banyak orang tua yang kewalahan untuk menahan dan menanggulanginya, jika hal ini dibiarkan dan jika kita sebagai generasi muda tidak ikut berpartisipasi untuk menanggulanginya, mungkin dalam beberapa tahun lagi bangsa ini akan kehilangan moral dan adat-istiadatnya.

Tanggung jawab generasi muda tidak hanya sebatas dari orang tua, namun semua kalangan harus selalu saling support agar generasi-generasi muda bisa terarah ke hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Siapa saja yang bertanggung jawab atas generasi muda?

Kita semua bertanggung jawab untuk menanggulanginya, terutama para orang tua, pemerintah, guru, dan masyarakat.

Potensi Blog Untuk Generasi Muda Jaman Now

Kehebatan teknologi sudah tidak bisa dipungkiri, jika perkembangan teknologi tidak dimanfaatkan dengan bijak maka generasi muda berikutnya akan lemah dan diperbudak oleh teknologi.

Seharusnya bukan teknologi yang memanfaatkan kita namun kita yang harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, agar kelak tidak diperbudak oleh teknologi.

Terutama teknologi yang saat ini tidak bisa lepas lagi dari genggaman setiap manusia, seperti ponsel dan internet, ponsel dan internet sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia modern, dan kebutuhan ini hampir menyamai kebutuhan primer, kebutuhan yang sangat diperlukan manusia untuk selalu bertahan hidup.
Baca juga : 3 Kebutuhan Pokok Baru di Zaman Modern
Yah meskipun tidak semua manusia di muka bumi ini membutuhkan akan internet, namun bagi sebagian golongan manusia, internet merupakan kebutuhan yang tidak boleh lepas dari hidupnya.

Salah satu contohnya adalah seorang blogger, blogger tanpa internet serasa dunia sudah berakhir tak ada kehidupan, internet merupakan nyawa untuk melanjutkan profesi dan hidupnya.

Internet seperti memiliki dua mata pedang, jika salah dalam memanfaatkannya maka ia bisa menghancurkan kehidupan seseorang, dan sebaliknya jika kita bijak dan benar dalam memanfaatkan internet maka ia akan memberikan dampak positif bagi kehidupan penggunanya.

Mengapa seorang blogger membutuhkan internet?

Jika tidak ada internet bagaimana bisa dia menghasilkan artikel dan menuang ide-ide yang ada di dalam kepalanya, dari itu seorang blogger sangat tergantung akan internet!

Apa sih blogger itu?

Blogger adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki hobi tulis-menulis dalam sebuah blog, baik itu blog pribadi maupun kelompok, blog terdiri dari berbagai macam jenis. Ada blog yang berisi tentang pengalaman hidup seseorang, ada juga blog kesehatan (blog yang berisi tentang tips-tips hidup sehat), blog teknologi (blog yang berisi tentang teknologi), dan masih banyak lagi macam-macam blog yang lainnya.
Baca juga : Keuntungan menjadi blogger
Lalu apa manfaat dan potensi blog untuk generasi muda?

Sangat banyak sekali manfaat dan potensi blog untuk generasi muda, diantaranya :

# Membentuk Hobi Baru

Blog sangat berguna untuk membentuk hobi baru bagi seseorang terutama generasi muda, seperti pengalaman saya pribadi, semula saya tidak suka dalam hal tulis menulis apalagi bercerita maupun menyusun kata-kata, karena saya sendiri merasa tidak bisa untuk melakukan hal tersebut, setiap kali ingin menulis selalu saja hati merasa pesimis tanpa di coba terlebih dahulu.

Lalu apa yang saya lakukan hingga kini banyak menghasilkan artikel-artikel dalam blog Wahyu IWe ini?

Pertama, saya cari dulu hobi saya dalam kehidupan nyata, kebetulan hobi saya suka bermain komputer dan sering membantu teman untuk melakukan installasi dan perbaikan-perbaikan kecil pada permasalahan komputer.

Dari semua kejadian yang saya lakukan lalu saya tuang melalui tulisan yang berisi tips-tips memperbaiki permasalan komputer. Hingga akhirnya diawal ngeblog saya isi dengan tips-tips tentang komputer.

# Menjauhkan dari Kenakalan Remaja

Potensi blog untuk generasi muda berikutnya adalah menjauhkan dari kenakalan remaja, dengan adanya hobi nge-blog akan menjadikan generasi muda terlepas dari kenakalan-kenakalan remaja, kok bisa?

Apabila seseorang telah memutuskan untuk menjadi seorang blogger maka dia akan selalu mencari ide-ide yang akan dituang dalam blognya, dan mencari informasi untuk pengembangan blognya, otomatis hal ini akan membuat dirinya selalu belajar tanpa ia sadari.

# Menambah Ilmu Pengetahuan

Dampak positif lain yang akan didapatkan oleh seorang blogger adalah bertambahnya ilmu pengetahuan, blogger akan selalu belajar dan belajar untuk menambah wawasan dalam mencari ide dan referensi demi perkembangan blognya.

# Blog Sebagai Perpustakaan Pribadi

Kita juga bisa memanfaatkan blog sebagai perpustakaan pribadi, untuk mengumpulkan karya-karya tulis kita dalam bentuk artikel, untuk dibaca lagi dikemudian hari.

# Menambah Teman dari Berbagai Kalangan di Seluruh Dunia

Seorang blogger akan memiliki banyak teman dari berbagai kalangan, dan saling mempererat hubungan sesama blogger lain di dunia, dan bisa saling bertukar fikiran dengan blogger lainnya.

Pasti kalangan blogger dari orang-orang yang kurang kerjaan!

Jangan salah, blogger lahir dari berbagai macam kalangan lho, memang ada blogger yang hanya lulusan sekolah dasar, ada blogger yang berprofesi sebagai pejabat di suatu perusahaan, ada blogger yang berprofesi sebagai dokter, ada juga blogger yang berprofesi sebagai guru, dan masih banyak lagi blogger-blogger lain dari berbagai profesi.

Seorang blogger akan mengesampingkan jabatan dan profesinya untuk sesama blogger, entah dari orang kaya atau pun miskin.

# Menjauhkan Dari Perpecahan

Dunia blogger adalah dunia yang cukup kental akan toleransi, apabila seorang blogger berbeda keyakinan atau berbeda dalam segala hal, maka dengan menyebut dirinya sebagai seorang blogger ia akan menghilangkan semua perbedaan tersebut.

# Membantu Memecahkan Permasalahan Orang Lain

Kehidupan seorang blogger tidak lepas dari saling berbagi pengalaman dalam hidup, seorang blogger akan selalu berbagi pengalaman dalam bentuk artikel, dan orang yang mencari informasi akan terbantu oleh pengalaman dari si penulis artikel tersebut (blogger).

Artikel-artikel yang ditulis oleh seorang blogger akan memberikan jalan keluar bagi orang lain yang mengalami permasalahan sama dalam isi artikelnya.

# Tidak Menyia-Nyiakan Waktu

Nge-blog adalah hobi, dimana setiap ada waktu luang ia akan selalu menyempatkan diri untuk melahirkan ide baru dalam mengisi blognya. Jadi tidak akan ada waktu luang yang tidak bermanfaat.

# Menjadi Terkenal

Kayak artis aja bisa terkenal, mana bisa seorang blogger jadi terkenal!

Jangan salah, sudah banyak orang terkenal gara-gara ngeblog, seperti : Raditya Dika (yang kini sudah menjadi artis dan sutradara film) ia terlahir dari seorang blogger, dan Eka Lesmana, seorang pengangun bebek yang akhirnya terkenal oleh blognya bahkan menghasilkan uang ratusan juta dari hobinya mengelola blog, dan masih banyak lagi blogger lain yang terkenal melalui hobi ngeblog.

# Menghasilkan Uang dari Blog

Nah ini yang paling saya sukai, dengan mengabdikan diri sebagai blogger, seseorang mampu memperbaiki kehidupannya dari blog, tidak hanya memperbaiki kepribadiannya namun juga bisa memperbaiki kehidupan sekunder dan tersiernya.

Kira-kira berapa penghasilan seorang blogger?

Berbicara penghasilan seorang blogger jawabannya adalah relatif, tergantung dari cara ia mengelola blognya, ada blogger yang berpenghasilan kecil ada juga blogger yang sudah berpenghasilan besar bahkan ratusan juta dalam satu bulan, semua itu mereka lalui dengan perjuangan dan usaha yang tidak sebentar.

Kesimpulan

Blogger sejati tidak hanya berfikir untuk mendapatkan hasil dari blognya (secara finansial), namun terlebih akan berfikir bagaimana tulisan yang ia buat akan membawa manfaat bagi orang lain.

Itu dia beberapa manfaat dan potensi blog untuk generasi muda jaman now, kita bisa tumbuhkan hobi tulis menulis dengan bercerita dari pengalaman pribadi atau pun pengalaman dari orang-orang terdekat kita.

Dengan begitu kita bisa menghindari hal-hal negatif tentang penggunaan teknologi, namun justru akan memberikan manfaat pada orang lain terutamanya kita sendiri sebagai blogger.

Untuk postingan berikutnya saya coba kumpulkan beberapa alasan dan motivasi blogger dari blogger-blogger generasi muda yang sudah berkembang dan yang baru mulai berkembang, untuk dijadikan sebagai referensi dan tempat belajar bagi kamu yang ingin terjun ke dalam dunia blogger.

Cukup sampai disini artikel tentang Potensi blog untuk generasi muda jaman now, semoga bisa menjadi inspirasi dan memberikan manfaat yang positif bagi pembaca sekalian, terimakasih. Wassalam.
Buka komentar
Tutup komentar

8 comments:

  1. Mantap....intinya blogger itu positive,asal bergaul dengan orang2 yg berpandangan positif,mantep bener dah ni artikel😊

    ReplyDelete
  2. mantap mas, paling suka dengan poin menambah ilmu pengetahuan dan bisa menghasilkan uang. lanjut terus!

    ReplyDelete
  3. Nah kalau manfaat blog bagi pemuda jaman babeh gue, alias seperti saya yang sudah tua, apa dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Penjelasan yang sangat akurat dari segudang manfaat sebuah blog yang dapat diambil, ketika generasi ingin mengenal lebih dekat dunia blogging dengan cara yang baik maka satu saat kesuksesan akan terbuka.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Benar-benar lengkap nih artikel, Alhamdulillah mas dengan ngeblog di gaji google terus..wkwkwk, melek siang malam terbayar sudah.. hahah

    ReplyDelete