Cara Mengatasi Kertas Macet di Dalam (Paper Jam) Printer Fuji Xerox M115w

Cara Mengatasi Kertas Macet di Dalam (Paper Jam) Printer Fuji Xerox M115w - Ini awal saya menggunakan printer laser jet Fuji Xerox M115w, ketika mencoba untuk melakukan cetak tiba-tiba printer macet gara-gara kertas yang masuk ke mesin pencetak lebih dari satu, akhirnya kertas nyangkut alias macet atau biasa dikenal paper jam.

Di monitor (display) pada printer menunjukkan keterangan "Kertas macet di dalam" begitu juga ditunjukkan cara mengatasi masalah ini dengan keterangan "Buka tutup pemindai atas, dan buka tutup bawah, keluarkan unit drum, lalu tarik kertas" (kalo gak salah begitu pesannya, lupa tapi inti pesannya begitu. hehehe!

Meski sudah ada petunjuk cara mengatasinya seperti pesan diatas, tetapi saya tidak mengerti cara membuka unit drum-nya, bagaimana mau buka! lha wong yang namanya unit drum yang mana saya tidak tahu.

Mengatasi Kertas Macet di Dalam (Paper Jam) Printer Fuji Xerox M115w

Akhirnya saya buka "kitab" yang disertakan dalam paket printer Fuji Xerox M115w, saya baca-baca akhirnya ketemu mengenai cara mengatasi Kertas macet di dalam (paper jam) ini.

Di dalam buku petunjuk tersebut awalnya saya juga bingung, karena gambar yang disertakan berupa gambar hitam putih dan terlalu kecil (bagi saya) dan timbul pertanyaan-pertanyaan yang membuat saya semakin puyeng! bagaimana sih cara mengeluarkan unit drum, unit drum itu yang mana, bagian mana yang mesti saya pegang dahulu, dan bagaimana cara menariknya keluar?

Kembali lagi saya baca dan perhatikan buku petunjuk, akhirnya saya mulai memahaminya.

Saya coba lagi untuk mengeluarkan unit drum setelah ketemu mana yang namanya unit drum.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan dengan panduan dari buku petunjuk dari printer Fuji Xerox M115w.

1. Matikan dulu daya printer dan cabut kabel daya/listriknya, untuk menghindari terjadinya sengatan listrik yang tak terduga.

2. Buka penutup atas (penutup scanner), dan penutup mesin (setelah penutup scanner - perhatikan gambar)

 Mengatasi Kertas Macet di Dalam (Paper Jam) Printer Fuji Xerox M115w

3. Selanjutnya tarik dan angkat unit drum beserta tonernya

Mengatasi Kertas Macet di Dalam (Paper Jam) Printer Fuji Xerox M115w

4. Setelah unit drum terangkat, ambil kertas yang macet tadi secara perlahan dan hati-hati.

5. Jika semua kertas sudah bisa dikeluarkan, sekarang pasang kembali unit drum ke tempatnya semula.

Selesai, silahkan coba melakukan pencetakan kembali, namun sebelum melanjutkan pencetakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut ini :

1. Jika ingin meletakkan kertas ke dalam baki kertas, sebelumnya kertas harus dirapikan dahulu agar nantinya kertas tidak saling menempel ketika masuk ke dalam mesin pencetak.

2. Gunakan kertas yang masih baru atau kertas yang tidak memiliki bekas lipatan.

3. Jangan gunakan kertas bekas yang sudah pernah digunakan lebih 2 kali, seperti kertas bekas dipakai cetak bolak balik.

Demikian cara mengatasi kertas macet di dalam atau paper jam pada printer Fuji Xerox M115w, semoga bermanfaat selamat mempraktekkan, semoga berhasil. Wassalam!
Artikel terkait : Cara mengatasi print spooler
Buka komentar
Tutup komentar

2 comments:

  1. Kalau traffic yang macet mz ada solusinya ??😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal atur lalu lintasnya... hiks... :D

      Delete