Cara Daftar Google Bisnisku dan Cara Verifikasinya

Cara Daftar Google Bisnisku dan Cara Verifikasinya - Google Bisnisku (Google My Business) merupakan layanan gratis dari Google yang mudah digunakan oleh bisnis  perorangan maupun organisasi untuk mengelola kehadiran bisnis mereka di dunia online terutama di Google, termasuk di mesin Pencarian/Penelusuran dan Peta/Maps.

Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan ketika bergabung dan memanfaatkan fasilitas dari Google Bisnisku ini untuk bisnis yang sedang kamu kembangkan, termasuk bagi kamu yang suka ngeblog (blogger).

Untuk selengkapnya tentang manfaat dan kelebihan-kelebihan serta cara menggunakan Google Bisnisku kamu bisa membacanya di sini Tentang Google Bisnisku, karena saya tidak akan panjang lebar untuk membahas secara keseluruhan tentang Google Bisnisku, saya hanya akan fokus untuk menyampaikan cara daftar Google Bisnisku langkah demi langkah hingga kamu menerima surat yang berisi kode Verifikasi dan cara memasukkannya (cara verifikasi Google Bisnisku).

Cara Daftar Google Bisnisku

Sebelumnya saya anggap kamu sudah faham dan tahu tujuan kamu membangun dan daftar Google Bisnisku ini, jadi kita bisa langsung masuk ke pokok pembahasan.

Langkah-Langkah Daftar Google Bisnisku

1. Masuk ke situs ini https://www.google.co.id/intl/id/business/ dan klik tombol Start Now.

Cara Daftar Google Bisnisku

2. Isi data yang diminta, seperti :
# Nama Bisnis (Business name) :
# Negara / Wilayah (Country / Region) :
# Alamat (Street address) :
# Kota / Kabupaten (City) :
# Propinsi (Province) :
# Kode pos (Postal code) :
# Telepon utama bisnis (Main business phone) :
# Ketegori (Category) :
# Situs web (Website) :
# Saya mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan saya di lokasinya (I deliver goods and services to my customers at their location) :
Ini tergantung pelayanan bisnis yang kamu jalankan, apakah bisnismu mengantarkan pesanan pada lokasi pemesan atau tidak, tinggal pilih Ya atau Tidak.
# Selanjutnya klik tombol Lanjutkan (Continue).

Cara Daftar Google Bisnisku

3. Pada halaman-halaman berikutnya ikuti saja petunjuk pada gambar berikut :
# Gambar 1 : ini untuk memastikan kebenaran informasi yang telah kamu masukkan, apakah sudah benar atau tidak lalu klik tombol Lanjutkan (Continue)
# Gambar 2 : ini menentukan bagaimana kamu mendapatkan kode verifikasi (melalui surat/kartu pos), dan klik tombol Surat (Mail)
# Gambar 3 : masukkan nama kamu dengan benar agar surat tidak salah penerima, lalu klik tombol Kirim kartu pos (Send postcard)
# Gambar 4 : klik tombol Lanjutkan (Continue)

Cara Daftar Google Bisnisku
4. Selanjutnya Google akan memproses pendaftaran kamu dan akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat kamu, biasanya surat akan sampai dalam 4-30 hari kedepan (tergantung lokasi), sekarang cek email, akan ada email dari Google Bisnisku, sambil menunggu kode verifikasi datang silahkan lengkapi info bisnis yang kamu jalani dengan menekan tombol Lengkapi info bisnis Anda.

Cara Daftar Google Bisnisku

Setelah surat yang berisi kode verifikasi Google Bisnisku datang, langkah selanjutnya adalah kamu harus memasukkan kode verifikasi tersebut ke akun Google Bisnisku yang telah kamu buat tadi, langkah-langkahnya simak saja dibawah ini.

Cara Verifikasi Google Bisnisku :

Setelah menunggu selama 4 hari sejak hari pendaftaran Google Bisnisku akhirnya surat yang berisi Kode Verifikasi datang juga, berikut cara memasukan kode verifikasi Google Bisnisku.

1. Buka surat dari Google yang berisi kode verifikasi, disana akan tampak nomor kode verifikasi yang tercetak besar dan tebal, biasanya terdiri dari 5 digit angka.

Cara Daftar Google Bisnisku

2. Selanjutnya masuk ke halaman ini google.com/verifymybusiness, masukkan kode verifikasi dan klik tombol Kirim, dihalaman berikutnya klik Lanjutkan.

Cara Daftar Google Bisnisku

3. Pada halaman berikutnya silahkan edit yang perlu kamu masukkan untuk info lengkap tentang bisnis kamu.

Cara Daftar Google Bisnisku

Sampai disini kita sudah selesai mendaftar dan bisa memulai Google Bisnisku yang kamu jalani.

Gimana cukup lengkap bukan? ada yang belum dimengerti? silahkan tuang dalam kotak komentar.
Tambahan :
Mungkin dari kamu ada yang penasaran dan bertanya-tanya, "Kenapa surat kode verifikasi dari Google Bisnisku lebih cepat datangnya ketimbang surat PIN dari Google Adsense?"

Karena surat Google Bisnisku dikirim dari kantor Google yang ada di Indonesia, sedangkan untuk Google Adsense sendiri dikirim langsung dari Kantor Pusat Google Adsense Amerika.
Jika ingin lebih mudah dalam memantau dan mengelola Google Bisnisku, gunakan saja aplikasinya untuk Android, silahkan download Google Bisnisku di Google Play Store.

Itu saja info dari Wahyu IWe semoga bermanfaat selamat menikmati.
-------------------
Download : Artikel bentuk PDF
Buka komentar
Tutup komentar

9 comments:

  1. Mantap mas, semakin berbobot artikel nya..

    ReplyDelete
  2. Wah saya belum nemu mau bisnis apa, paling tidak sudah tahu dulu walaupun hanya sedikit yang di mengerti.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah saya juga sudah dapat kartu verifikasinya 4 bulan yang lalu mas, sebenarnya sih sudah lama daftar namun suratnya gk datang datang jadi minta yang kedua kalinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip... selamat mas... Semoga makin sukses kelola bisnisnya... 😁

      Delete
  4. TERIMAKASIH PENJELASAN SOAL Cara Daftar Google Bisnisku dan Cara Verifikasinya sngat detail dan mudah dipraktekin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... ada Mang lembu, Maturtengkyu Mang... 😊😁

      Delete
  5. Baca-baca belajar tentang monetise di blog ini....

    ReplyDelete