Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

Sudah pasti tau maksud dari Submit sitemap di Bing Webmaster kan? singkat kata tujuan submit sitemap di bing webmaster ini agar artikel blog kita cepat terdeteksi atau bisa di riyapi (crawl) oleh mesin pencari Bing, lebih mudahnya lagi agar blog kita mudah di kenali dan mudah di indek oleh mesin pencari milik Microsoft tersebut ketika ada kata kunci yang sama dengan isi artikel kita.

Hal semacam ini sangat penting untuk para blogger agar blognya bisa selalu eksis di berbagai mensin pencari, tidak hanya menargetkan pengunjung dari mesin pencari Google, karena di luar sana tidak semua orang mengandalkan pencarian Google, namun ada banyak mesin pencari yang bersaing dengan kelebihan masing-masing.

Dari alasan tersebut kita tidak boleh hanya berpaku pada satu mesin pencarian, agar artikel-artikel yang kita buat bisa dirayapi dan dikenal oleh berbagai mesin pencari.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

Memang tidak dapat dipungkiri mesin pencari populer nomor satu di dunia masih di pegang oleh Google, itu jika di hitung secara global, namun di beberapa negara justru Google kurang populer, seperti negara Jepang, Tiongkok dan Korea Selatan, mereka lebih mengandalkan mesin pencari lain selain Google.

Bagi blogger mengirimkan (submit) sitemap blog/web ke berbagai mesin pencari adalah penting untuk meningkatkan traffik secara organik.

Semakin cepat terindek maka semakin banyak peluang blog akan muncul di halaman pertama (page one) mesin pencari, dan semakin banyak lagi peluang mendapatkan pengunjung untuk meningkatkan traffik organik blog.

4 Keuntungan submit blog di Bing Webmaster :

Dengan mendaftarkan atau mengirim (submit) sitemap blog ke Bing webmaster maka ada 4 keuntungan yang akan kita dapatkan.

Yaitu sekali submit di Bing Webmaster selain blog kita bisa dirayapi oleh mesin pencari Bing, blog kita juga akan mudah dirayapi oleh 3 mesin pencari lainnya yaitu Yahoo, Altavista dan Lycos, karena beberapa tahun lalu Yahoo sendiri memutuskan untuk bergabung dan bekerjasama dengan Bing Webmaster untuk alat webmasternya, begitupun yang lainnya.

Sebelum melakukan submit sitemap di Bing Webmaster biasanya kita harus masuk (sign in) dulu sebelum melakukannya, jika kamu sudah punya akun di Bing bisa langsung masuk dan mengirimkan sitemap ke Bing.

Namun jika kamu belum memiliki akun Bing silahkan daftar terlebih dahulu, simak cara daftar di Bing berikut ini.

Cara daftar di Bing Webmaster :

1. Masuk ke alamat ini https://www.bing.com/toolbox/webmaster dan klik tombol Sign Up.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

2. Pada halaman Create an account masukkan data diri yang dibutuhkan, lihat saja contohnya berikut ini, jika selesai klik tombol Create account.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

3. Selanjutnya akan di minta untuk verifikasi melalui email, buka email, kamu akan mendapatkan email untuk verifikasi dari Bing, klik tombol Verify "nama-email-kamu".com.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

4. Berikutnya kamu akan di bawa ke halaman baru dengan keterangan bahwa akun sudah berhasil di verifikasi, seperti gambar berikut.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

5. Selesai, kini kamu sudah terdaftar di Bing.

Jika langkah-langkah di atas sudah selesai maka untuk langkah berikutnya kamu tinggal men-submit sitemap di Bing webmaster, simak caranya berikut ini.

Cara submit sitemap di Bing Webmaster :

1. Sign in dulu ke Bing Webmaster, selanjutnya pada menu My Site masukkan alamat blog kamu dibagian kotak yang disediakan dan klik tombol ADD.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

2. Pada halaman Add a Site, masukkan data yang di minta seperti alamat blog, halaman sitemap blog, nama dan alamat kamu, dll. pada bagian bawah jika kamu pemilik blog jangan centang pada "I am an agency, not a site owner".

Pada CONTACT PREFERENCE jika kamu mencentang "Yes, I would like to receive Bing Webmaster communication" berarti kamu setuju untuk menerima beberapa pemberitahuan dari Bing Webmaster, dan pada "How often would you like..." kamu bisa memilih seberapa sering Bing akan mengirim pesan, harian (Daily), mingguan (Weekly), atau bulanan (Monthly). Pada ALERT PREFERENCE (pemberitahuan) jika terjadi Perayapan yang error (Crawl Errors), peta situs (Sitemaps), kesalahan indek (Index Issues), dan Malware, lebih jelasnya lihat saja contohnya berikut ini, jika selesai klik tombol SAVE.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

3. Selanjutnya tetap di halaman My Sites pada Site Dashboards, klik link Verify now untuk verifikasi blog yang sudah kamu daftarkan.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

4. Berikutnya copy kode pada Options 2 dan pastekan pada template blog, di bawah tag <head>, jangan lupa simpan template setelah memasukkan kode, selanjutnya kembali lagi pada halaman Verify ownership di Bing Webmaster dan klik tombol VERIFY.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster

5. Selesai, sitemap blog kamu sudah terverifikasi di Bing Webmaster.

Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster
Penting!
Perlu di ingat, setelah kita submit sitemap ke mesin pencari bukan berarti blog/web kita akan selalu bertahan di halaman pertama mesin pencari, namun mesin pencari juga memperhitungkan kualitas dari konten itu sendiri, jika isi konten tidak berkualitas beberapa hari kemudian posisi blog di mesin pencari akan tergantikan oleh blog lain yang lebih berkualitas.
Untuk masalah tersebut coba deh baca-baca di blognya Mas Teguh tentang 10 Penyebab Peringkat Website Merosot di Google kamu akan menemukan jawabannya penyebab merosotnya peringkat blog di mesin pencari.

Jika kamu butuh rekomendasi untuk submit sitemap di Google, silahkan baca di blognya Mas Syamsu tentang Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools serta Cara Menambahkan Peta Situs di Search Console disana dibahas secara detail dari cara mendaftarkan blog ke Webmaser sampai cara menambahkan sitemap di webmaster Google.

Demikian cara submit sitemap di Bing Webmaster, jika kamu ingin  submit blog kamu ke mesin pencari Yandex silahkan baca disini Cara mendaftarkan blog ke Yandex, semoga membawa manfaat dan selamat menikmati, jika ada koreksi silahkan tuang di kolom komentar, terimakasih. Wassalam.
Buka komentar
Tutup komentar

3 comments:

  1. ini gunanya buat apa om?belum paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar artikel kita cepet terindeks oleh mesin pencari Bing...

      Delete
  2. bang tanya nih .. web saya https://ariesense.com knp habis posting visitornya turun tajam..??? klo ddiamkn menanjak lg...

    ReplyDelete