AddThis: Tool untuk Mengurangi Rasio Pentalan (Bounce Rate) Blog

Kebanyakan blogger pemula jarang yang memperdulikan masalah rasio pentalan (bounce rate), tidak juga tahu berapa nilai bounce rate yang dihasilkan oleh blognya, yang penting blog selalu terisi dan ingin cepat berkembang.

Apa itu bounce rate? seberapa penting kah untuk blog?
Bounce rate (Rasio pentalan) adalah sesi satu halaman dibagi dengan semua sesi, atau persentase semua sesi di situs ketika pengguna hanya melihat satu halaman dan hanya memicu satu permintaan ke server Analytics. (sumber: support.google.com)
Semakin lama waktu yang di gunakan pengunjung berada di blog maka semakin berkurang pula nilai persentase bounce rate suatu blog.

Dengan semakin rendah nilai bounce rate maka semakin baik pula nilai blog tersebut, dan ini menandakan bahwa blog memang membawa manfaat bagi pengunjungnya dan membuat pengunjung menjadi betah di blog.

AddThis Mengurangi Bounce Rate

Setiap blogger pasti memiliki keinginan agar blognya selalu ramai dikunjungi, juga ingin blognya terkenal, dan ingin supaya pengunjung betah berada di blognya.

Tiga hal ini sangat sensitif untuk kelangsungan sebuah blog, namun untuk mencapainya dibutuhkan niat dan kerja keras.

Bagi seorang master blogger mungkin hal ini sudah biasa dan menjadi sangat mudah untuk memerangi ketiga masalah tersebut, tapi bagi pemula yang belum lama mengenal blog apakah mampu memecahkan masalah tersebut secara cepat?

Jika kamu belum faham dengan cara-cara yang membutuhkan keahlian khusus, maka dengan satu alat ini kamu bisa memerangi ketiga masalah tersebut.

Saya tidak akan mempromosikan suatu produk, tapi tujuan saya hanya ingin berbagi dan merekomendasikan sesuatu yang berguna dan membantu, karena hal ini sudah terbukti terhadap perkembangan blog saya ini.

Dan lagi alat ini juga banyak digunakan oleh blog besar lainnya, salah satu contohnya seperti blognya MaseTeguh.com.

Banyak blogger yang berlomba-lomba supaya pengunjung betah berlama-lama berada di blog mereka dengan tujuan agar nilai persentase bounce rate semakin kecil.

Dari fenomena tersebut apakah dengan rasio pentalan (bounce rate) tinggi adalah hal yang buruk bagi sebuah blog?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya kamu simak kutipan langsung dari bantuan google berikut ini.
Rasio Pentalan - Bounce Rate
sumber: https://support.google.com/analytics/answer/1009409?hl=id
Bagaimana pendapatmu setelah membaca kutipan tersebut?

Bila persentase bounce rate blog kamu tinggi kata google itu wajar, tapi bukan berarti kita bisa santai membiarkan bounce rate semakin tinggi, bounce rate sudah menjadi tolak ukur seberapa besar pengunjung menyukai blog kita.

Jika kamu merasa masih baru dalam dunia blogger, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat betah pengunjung dan mengurangi nilai bounce rate, selain harus menyuguhkan kualitas dan kuantitas konten original, relevan, menarik, dan navigasi yang mudah, lakukanlah dari yang mudah dahulu, seperti yang Wahyu IWe bagikan kali ini.

Tak perlu kamu bingung-bingung harus mengerti SEO (Search Engine Optimation) dan kawan-kawannya, urusan SEO bisa belajar sambil berjalan.

Ingat, saya tidak mengatakan bahwa SEO tidak penting, justru jika kamu mengerti tetang SEO itu akan lebih baik.

Namun kali ini saya akan berbagi dengan cara yang berbeda tanpa harus melakukan yang ribet, yaitu menggunakan tool dari website lain yang bisa membantu kamu untuk mengurangi persentase bounce rate kunjungan blog.

Dengan tool bernama AddThis, saya yakin persentase bounce rate pasti akan berkurang, dan jumlah tampilan semakin bertambah, sudah terbukti dari pengalaman diri sendiri.

Namun...

Saya tidak bisa memastikan seberapa besar pengaruhnya terhadap blog yang kamu kelola, itu semua tergantung dari isi blog masing-masing.

Apa saja fitur yang disuguhkan oleh AddThis?

Fitur menarik dari AddThis :

# Share Buttons

Membuat tombol berbagi dari berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, dan masih banyak lainnya.

Jika konten yang kamu buat cukup menarik maka pengunjung akan dengan mudah membagikannya ke berbagai media sosial hanya dengan menekan tombol yang sudah kamu sediakan, tentu hal ini sangat menguntungkan karena konten yang kita buat akan banyak yang membacanya.

# Follow Buttons

Membuat tombol follow (mengikuti) dari berbagai media sosial, kamu bisa memilih media sosial apa saya yang sedang kamu pakai, karena AddThis ini mendukung lebih dari 60 media sosial, gak percaya? buktikan sendiri.

# Related Posts

Membuat Related Posts (postingan terkait) dan kamu bisa mengaturnya agar bisa tampil sesuai dengan keinginan kamu secara popup, seperti tampil di kiri bawah atau kanan bawah, yang jelas tidak akan mengganggu pengunjung. Tool ini yang saya gunakan dan bounce rate menurun.

# List Building

Membuat List Building (membuat email berlangganan), emang sih kita bisa membuat email berlangganan dengan mudah tanpa harus pakai alat seperti ini, tinggal pakai widget bawaan blogger, tapi apakah semua pengunjung yang berlangganan melalui kotak tersebut bisa sepenuhnya mau menverifikasi emailnya di feedburner?

Jawabannya tidak semua, karena rata-rata orang enggan yang ribet, bahkan dari 100 pelanggan yang benar-benar memverifikasi email mereka di feedburner hanya berkisar 20-40 pelanggan saja, dan yang 60 enggan, tidak tahu atau tidak mau ribet untuk verifikasi emailnya.

Bagaimana cara mengatasi hal semacam ini?

Kamu perlu koleksi sendiri email-email pelanggan yang masuk, dan mengirimkan artikel-artikel yang baru kamu posting ke masing-masing email tersebut.

Maksud mas Wahyu IWe kita harus kirim email satu-persatu ke masing-masing email pelanggan?

Tidak, bukan begitu maksud saya!

Biar saya jelaskan, jika kita hanya mengandalkan email berlangganan bawaan blogger, saya jamin pelanggan yang kurang faham, pemalas atau pun yang tak mau ribet mereka hanya bisa mengirimkan alamat email dan tidak sampai memverifikasi emailnya di feedburner.

Jika hal ini dibiarkan sia-sia saja kita menyediakan kotak berlangganan namun target yang kita dapat hanya sedikit.

Jadi kita harus tetap mengumpulkan email yang pelanggan kirim, dan mengirim update konten secara manual tapi dengan bantuan email marketing tool seperti MailChimp.

Dengan bantuan email marketing tool kita tidak perlu ribet mengirimkan email satu persatu ke alamat yang berbeda, cukup dengan satu klik saja email akan terkirim ke semua email pelanggan.

# Link Promotion

Mempromosikan artikel lain kepada pengunjung blog, link promotion akan muncul secara popup untuk mempromosikan artikel lainnya, misalkan jika kamu ingin menawarkan artikel yang masih sepi pembacanya agar mendapatkan perhatian dari pengunjung.

Tenang saja popup ini tidak akan mengganggu pengunjung, dia hanya muncul sekali kepada pengunjung yang sama.

# Website Tip Jar

Membuat tombol donasi, dengan tombol ini akan memfasilitasi pengunjung yang ingin berdonasi untuk blog kamu melalui bank online seperti Paypal.

# Gratis

Tentu saja tool yang saya rekomendasikan ini tidak membutuhkan biaya alias gratis, namun jika kamu menginginkan pelayanan untuk bisnis, kamu bisa beralih ke AddThis Pro atau AddThis Business.

Itu beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari AddThis ini.

Selain keuntungan yang telah saya jelaskan di atas, kamu juga bisa menganalisa perkembangan blog melalui dasboard AddThis.

Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan tool AddThis ini?

1. Daftar dulu ke https://www.addthis.com/register jangan khawatir daftarnya cukup mudah kok tinggal masukkan email dan password.

2. Selanjutnya buatlah tool sesuai yang kamu inginkan, karena pembahasan ini berhubungan dengan rasio pentalan (bounce rate) maka sebagai contoh saya akan membuat related posts, tujuannya agar pengunjung terpancing dengan pesan yang muncul dari tool ini dan membaca postingan lainnya.

Di dasboard AddThis pilih menu TOOLS -- +ADD NEW TOOL.

AddThis Mengurangi Rasio Pentalan

Selanjutnya pilih salah satu tool sesuai keinginan -- sebagai contoh pilih Related Posts -- selanjutnya pilih tipe sesuai keinginan, ada 3 pilihan :

AddThis Mengurangi Rasio Pentalan

# Slider : Related post akan tampil sebagai popup (pesan munculan/mengambang)

# Footer : Related post akan muncul di bagian akhir halaman

# Inline : Related post akan muncul di tengah-tengah artikel

AddThis Mengurangi Rasio Pentalan

Jika sudah menentukan pilihan pada salah satu tipe, lanjutkan dengan menekan tombol Continue untuk melanjutkan pengaturan berikutnya, disana kamu bisa mengatur posisi, warna, jumlah artikel yang ingin dimunculkan, ditampilkan diperangkat PC atau Mobile, atau hanya di PC saja, bisa coba sendiri, dan masih banyak lagi pengaturan yang lain yang mudah dimengerti.

Sebelum kamu memutuskan untuk meletakkan di blog, kamu bisa mencoba dahulu dengan memilih PREVIEW untuk tampilan Desktop dan Mobile pada kanan atas.

Jika dirasa sudah bagus jangan lupa untuk menyimpannya dengan memilih tombol Save & Continue.

Selanjutnya kembali ke dasboard AddThis dan pilih menu GET THE CODE -- untuk pengguna Blogger silahkan pilih tab HTML WEBSITE -- copy code yang ada.

AddThis Mengurangi Rasio Pentalan

Selanjutnya masuk ke blogger -- Tema/template -- Edit HTML -- cari tag </body> (tekan tombol Crtl+F pada keyboard) -- paste kan kode tadi diatas tag </body> -- simpan Template.

Sekarang coba lihat/buka blog untuk mengeceknya.

Untuk menambahkan tool yang lain misal ingin memasang tombol share atau yang lainnya, kamu bisa mengikuti cara diatas dengan memilih tombol +ADD NEW TOOLS -- selanjutnya tinggal simpan, tidak perlu copy paste kode lagi cukup kode yang sudah dibuat tadi, tentu hal ini tidak akan mengganggu kecepatan blog karena tidak perlu banyak kode yang dibutuhkan.

Dan satu hal lagi, jika kamu ingin merubah tool yang sudah kamu buat tadi tinggal masuk ke dasboard AddThis kamu lanjutkan dengan memilih menu TOOLS.

Untuk tool seperti Share Buttons, Related Post biasanya berada di tab WEBSITE TOOLS, untuk List Building, Link Promotion, dan Follow Buttons berada di tab TARGETING RULES, sedangkan untuk hasil email berlangganan dari List Building berada di tab EMAIL LISTS.

Disana tempat semua tool yang kamu buat dan kamu bisa melakukan perubahan dan perbaikan kapan saja, jangan lupa setelah melakukan perubahan untuk selalu disimpan, hasil perubahan tidak perlu melakukan copy paste kode lagi, cukup simpan lalu cek langsung perubahannya di blog.

Sampai disini pertemuan kita kali ini, semoga selalu membawa manfaat, kritik dan saran selalu kami terima, silahkan tuang dalam kotak komentar atau bisa melalui menu Contact, terimakasih. Wassalam.

12 komentar

mantap ini informasinya suhu wahyu memang jos

Terimakasih Kang komar, suhu darimana... suhu disini terik banget... hehe... :-bd

lumayan membantu ini gan hehe, maksih tipsnya gan , di tunggu yang lainya hehe

Rasio pentalan di blog saya diseputaran enol koma, tp di alexa bengkak. Gimana solusinya biar alexa bisa deteksi dengan akurat tanpa verifikasi ke alexa ya sob?

Alexa tidak selalu update setiap saat mas, apalagi belum verifikasi, beda dengan google analityc yang sudah terintegrasi secara realtime...

Informasi nya lengkap sekali, kebetulan saya udah terapin tapi baru sebagian mas

Addthis emang efektif banget gan. Dan juga membantu tayangan laman jadi ramai. Yang pastinya sesuai yang sampeyan katakan di atas.

Salam Gen Jutsu 😂

Dibanding tombol share google gimana gan? Skripnya bikin blog makin cepetan apa makin nambah load? Ane punya masalah ma bounce rate nih. Ampe 90% angkanya. Ngeri euy.

sepengalaman saya soal load tidak terlalu signifikan om perbedaannya, soalnya script hanya sedikit... dicoba aja dulu om untuk eksperiment... :D
dan untuk mengurangi bounce rate saya rasa cukup efektif meski hanya beberapa persen...

# Centang Notify me agar tahu balasan dari kami
# Pertanyaan di luar postingan, silahkan ke Contact
# Setiap komentar, saya pastikan berkunjung balik ke blog anda
# Maaf! tidak terima titip link, lebih lanjut silahkan baca FAQ
EmoticonEmoticon