Baru Terima PIN Google Adsense Setelah 6 Bulan Menunggu

Setelah sekian lama menunggu surat "cinta" dari Google akhirnya datang juga, surat ini berisi PIN yang fungsinya untuk verifikasi alamat tempat tinggal yang kita daftarkan saat menerima pembayaran dari Google Adsense nanti.

Google akan mencetak dan mengirim surat berisi PIN verifikasi alamat jika saldo Google Adsense sudah mencapai $10 atau jika dirupiahkan Rp. 130.000 (kurs dollar Rp.13.000), dan menurut keterangan resmi dari Google surat akan sampai 4-5 minggu setelahnya, jika dari minggu tersebut belum menerima dianjurkan juga kita menunggu sampai 6 minggu.

Saya sendiri meminta PIN ini sejak bulan April 2015, setelah ditunggu 4-6 minggu surat tak kunjung datang, dan akhirnya saya memutuskan untuk meminta pengiriman ulang permintaan PIN yang kedua, ditunggu lagi sampai 6 minggu belum juga ada jantrungnya.

Padahal alamat tempat saya tinggal tidaklah begitu pelosok, masih dekat dengan kota "kota kecil :)"

Dan untuk selanjutnya saya cek lagi alamat yang saya berikan ternyata tidak ada yang salah semua sesuai yang tertera di alamat KTP dan SIM.
Baca juga : Cara Memunculkan Menu Penghasilan Adsense Pada Blogger
Kesempatan permintaan PIN yang ketiga sekaligus yang terakhir juga saya kirimkan dengan pasrah.

Singkat cerita akhir bulan September kemarin tepatnya tanggal 30 September 2015 surat yang saya tunggu dengan harap-harap cemas akhirnya datang juga, yang membuat saya terkejut ternyata di surat tersebut tertulis tanggal awal saat saya meminta PIN yang pertama, setelah dihitung dalam bulan ternyata sudah 6 bulan :).

Mungkin nanti surat yang kedua dan ketiga akan menyusul juga ke alamat saya hihihi...

Ini bentuk surat yang saya terima dari Google
Surat PIN Google Adsense
Bagian luar
Surat PIN Google Adsense
Isi dalam surat
Nah bagi sobat yang hingga kini belum menerima surat Verifikasi PIN dari Google bersabar aja, nanti surat akan sampai juga, yang penting anda sudah benar memasukkan alamat sesuai KTP.

Lamanya surat sampai ke anda tergantung kondisi dan lokasi alamat anda.

Bagi anda yang belum terima surat dari Google Adsense sampai 4-5 minggu setelah permintaan yang ke-3, jangan khawatir karena anda masih bisa melakukan verifikasi PIN dengan mengirimkan hasil scan KTP/SIM/Passport yang berisi alamat lengkap.

Ada satu cerita yang terlewati, sebelum saya menerima surat dari Google tersebut beberapa hari sebelumnya saya mendatangi kantor POS dan menanyakan tentang keberadaan surat dari Google tersebut.

Sekedar masukan buat kamu yang hingga kini masih menunggu datangnya surat verifikasi PIN dari Google, jika permintaan pengiriman PIN pertama sudah 4-5 minggu coba saja datangi kantor pos di kota kamu dan tanyakan tentang keberadaan surat tersebut.

Tanyakan pada petugas bagian pengiriman surat, jika bertanya pada bagian resepsionis terkadang masih ditanya ini itu yang sebenarnya mereka tau bahwa pertanyaan tersebut tidak mungkin bisa kita jawab.

Kata-kata yang saya gunakan waktu itu "pak apa ada surat dari Google untuk atas nama Wahyu IWe dengan alamat bla...bla..." jika pak posnya bilang tidak ada silahkan titip kartu nama, jika tidak punya kartu nama buat catatan kecil juga boleh yang berisi nama, alamat dan nomor hape yang bisa dihubungi, agar pak pos mudah menghubungi kamu jika surat tersebut sudah ada.

Menurut saya sebenarnya surat tersebut sudah ada di kantor pos namun pak posnya berfikir surat tersebut kurang penting (mungkin karena surat tersebut bertuliskan Google dan tanpa amplop).

Saya berani berkata begitu soalnya setiap ada surat dari luar negeri (surat dari beberapa program yang saya ikuti) pasti selalu telat dan saya harus mengunjungi kantor pos terlebih dahulu, setelah itu baru 2-3 hari surat akan dikirim ke rumah.

Padahal untuk surat dari dalam negeri selalu datang tepat waktu tanpa harus saya jemput ke kantor pos.

Sampai di sini dulu ceritanya, semoga bermanfaat.
Buka komentar
Tutup komentar

1 comment:

  1. Wuiiih.. sekarang berarti tinggal tunggu gajian tiap bulan dong. Keren bro, kapan nraktir neh...

    ReplyDelete