Cara Membuat Blog Secara Otodidak (Lengkap dengan Gambar)

Cara Membuat Blog Step by Step - Kali ini saya akan memberikan panduan cara membuat blog secara perlahan langkah demi langkah, dan seperti biasa agar tutorial ini mudah diikuti saya sudah melengkapinya dengan gambar sehingga tidak ada lagi kata bingung, sangat cocok bagi pemula.

Dalam membangun sesuatu diperlukan persiapan, begitu juga jika kamu ingin membangun sebuah blog, diperlukan sebuah persiapan yang cukup, untuk itu simak saja persiapan apa saja yang diperlukan.

Persiapan Membangun Blog

1. Nama/Judul Blog

Pertama yang harus kamu fikirkan adalah "Nama" dari blog yang akan kamu bangun, jangan ikuti pepatah yang mengatakan "apalah arti sebuah nama".

Dalam membangun blog nama sangat diperlukan agar bisa dikenal oleh semua orang, jadi menentukan sebuah nama untuk blog adalah hal utama dan sangat penting.

Pilihlah nama yang mudah diingat oleh siapa pun, dan dalam pemilihan nama usahakan gunakan nama yang tidak terlalu panjang, saya sarankan maksimal 10 karakter saja, jika harus lebih dari 10 karakter tidaklah masalah asal mudah untuk diingat, dan usahakan gunakan huruf alfabet semua, jika ingin menyisipkan angka usahakan jangan terlalu banyak cukup 1 - 3 saja.

Juga yang tidak kalah penting sesuaikan dengan pembahasan/materi yang akan kamu bahas dalam blog tersebut.

Contoh jika kamu nantinya ingin membahas masalah "Teknologi" dalam blog kamu maka pemilihan judulnya misalnya bisa gunakan "Dunia Tekno", "Info Teknologi", "IWe Tekno", dll.

2. Alamat Blog

Untuk alamat usahakan sama dengan nama blog yang kamu buat, semisal nama blog "IWe Tekno" untuk alamatnya gunakan "iwetekno.blogspot.com".

Ini dimaksudkan agar pengunjung mudah mengingatnya, karena setiap pengunjung rata-rata yang diingat adalah nama/judul blog.

Jika blog ingin terlihat lebih profesional dan alamat blog lebih simpel/pendek maka kamu membutuhkan domain level atas atau domain TLD (Top Level Domain) tanpa akhiran .blogspot.com lagi namun langsung .com, seperti iwetekno.blogspot.com menjadi www.iwetekno.com.

Domain TLD banyak macamnya, seperti yang sudah umum .com, .co.id, .net, .org, dll.

Dimana saya bisa mendapatkan domain TLD?

Di Indonesia sendiri sudah banyak penyedia domain yang menawarkan domain dan web hosting yang cukup terjangkau dengan layanan dan kualitas terbaik, bahkan kamu bisa mendapatkan domain gratis hanya dengan membeli paket web hosting, seperti yang saya ketahui di Niagahoster hosting murah unlimited.

Apa itu web hosting?

Web hosting adalah tempat dimana kamu bisa menyimpan semua data dan file blog kamu sendiri, layaknya memory di sebuah handphone.

3. Platform

Apa itu platform?

Platform adalah tempat dimana kamu bisa membuat/membangun blog.

Platform yang digunakan juga harus ditentukan, karena platform untuk membuat blog banyak macamnya, seperti blogger, wordpress, jomla, tumblr, dan masih banyak lagi.

Namun dalam tutorial kali ini saya gunakan blogger, selain mudah dan gratis platform milik google ini juga sudah umum digunakan oleh blogger Indonesia.

Ok kembali ke pembahasan, jika ketiga poin tersebut sudah ada dalam benak kamu, sekarang saatnya untuk membuat blog.


Langkah-Langkah Membuat Blog

1. Kamu harus memiliki email dari Google yaitu Gmail, jika gmail sudah punya lanjut saja pada poin kedua, namun jika kamu belum memiliki gmail silahkan buat email dulu di Google, jika belum tahu cara membuat email silahkan baca artikel saya cara membuat email di Google.

2. Jika email sudah ada silahkan lanjut buka alamat blogger.com, dan klik tombol "BUAT BLOG".

Cara Membuat Blog Step by Step

3. Masukkan Email dan pilih tombol "Berikutnya", selanjutnya masukkan juga "Password" dan jangan lupa menekan tombol "Berikutnya" untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

Cara Membuat Blog Step by Step

4. Halaman berikutnya pilih tombol "BUAT BLOG BARU".

Cara Membuat Blog Step by Step

5. Pada halaman ini silahkan isi Judul dengan nama blog kamu, Alamat isi dengan alamat blog yang kamu inginkan, dan pilih Tema/Tampilan blog yang kamu inginkan, jika selesai silahkan pilih tombol "Buat blog!".

Cara Membuat Blog Step by Step

Jika muncul pesan "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia" seperti gambar di bawah ini berarti alamat tersebut sudah dipakai oleh orang lain, silahkan pilih alamat lain.

Cara Membuat Blog Step by Step

6. Selesai, kini blog kamu sudah jadi, dan jika muncul pesan Google Domains seperti gambar di bawah ini, klik saja tombol "Lain kali" karena harganya jauh lebih mahal, untuk domain atau pun web hosting saya sarankan beli dari dalam negeri saja karena harga lebih hemat dan kualitas juga terjamin seperti di Niagahoster.

Cara Membuat Blog Step by Step

7. Dan untuk melihat hasilnya, coba ketikkan alamat blog yang sudah kamu buat tadi pada address bar di browser, semisal iwetekno.blogspot.com dan tekan enter.

Setelah blog jadi, kini kita akan lanjut bagaimana cara mengisi blog dengan artikel.

Cara Mengisi Blog dengan Artikel

1. Perhatikan pada menu sisi kiri, pilih Postingan (Post) -- pilih tombol Entri baru (New Entry).

Cara Membuat Blog Step by Step

2. Cara membuat artikel, perhatikan pada urutan nomor : (1) Masukkan judul artikel, (2) Pilih Compose (biasanya secara default sudah Compose), (3) Tuliskan artikel dalam kotak teks yang tersedia, (4) Isi Label sesuai kategori artikel (misal : jika kita membahas masalah teknologi kita bisa masukkan Label dengan "Teknologi" atau "Informasi", dll. (tanpa tanda petik, jika ingin memasukkan lebih dari 1 satu label pisahkan dengan koma) dan akhiri dengan menekan tombol selesai), (5) Jika artikel selesai dibuat, silahkan pilih tombol "Publikasikan".

Cara Membuat Blog Step by Step

3. Jika muncul pesan Bagikan di Google+, langsung saja tekan tombol Bagikan.

Cara Membuat Blog Step by Step

4. Jika ingin membuat artikel baru langkah-langkahnya sama seperti sebelumnya, pada langkah 1.

Cara Membuat Blog Step by Step

Demikian artikel cara membuat blog kali ini, semoga bermanfaat dan semoga mudah dipahami. Jika ada pertanyaan silahkan tuang dalam kotak komentar dibawah. Terimakasih, Wassalam!
Buka komentar
Tutup komentar

17 comments:

  1. Super komplit pembahasannya mas. jadi betah mampir disini nih...

    ReplyDelete
  2. Maturtengkyu om @Mr. Writer 😂

    ReplyDelete
  3. Tutorial yang sangat lengkap sekali....
    Dari mulai persiapan merintis nama blog hingga pembuatan blog baru dipublikasikan.

    Nb: Tahapn daftar blog via apk mobilennya ditunggu kedepannya. hik hik pasti lebih seru.

    Eit mas maaf titip link hidup nih, apabila gak boleh di coret saja ya.....

    ReplyDelete
  4. @Erica belinda: Untuk implementasinya blog versi mobile masih diusahakan, nunggu wangsit dulu... wkkwwkk :D

    ReplyDelete
  5. informatif dan bermanfaat.
    terima kasih mau berbagi

    ReplyDelete
  6. Terlalu asyik di wordpress, blogspot/blogger nyaris terabaikan. Artikel ini menjadi referensi untuk mengingat kembali step by step membangun blog berplatform blogger. Sangat bermanfaat ... tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah nol besar soal wordpress, pernah bikin di wordpress tapi malah bingung belum terbiasa 😂

      Delete
  7. Udah lama gak main ke blognya mas wahyu ehh udah mantap aja. Dan SEO nya juga makin mantap nih. Saya cek dengan keyword "membuat blog secara otodidak" sudah di halaman pertama aja nih, saingan sama blognya panduanim.

    Mantap mas wahyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masa sih... Di browser ku gak ada di page 1 😂😂

      Delete
    2. Lah coba di periksa lagi mas memang sudah page 1 kok heheh.
      Saya jadi penasaran dengan dihapusnya google + nanti kira-kira gimana ya cara blogger baru buat daftar hehehhe

      Delete
    3. Iya ding kalo kw "membuat blog secara otodidak" udah muncul di page one ada diurutan paling bontot :D
      tapi kalo kw "membuat blog otodidak" masih ada di halaman selajutnya :D

      Delete
    4. Kalo Google+ dihapus entahlah, kemungkinan kembali seperti dulu dengan akun blogger sendiri

      Delete
    5. Name/urlnya mana mas????😅😅😅😅

      Delete
    6. Disable dulu, soalnya masih fakum di online :D

      Delete
    7. Mantullllll......semoga naik skornya yah��

      Delete
    8. Siap... maturtengkyu om :D

      Delete