Cara Melihat Blog Versi Mobile di Komputer

Jika kamu sedang meng"oprek" template blog yang kamu kelola pasti kamu membutuhkan beberapa perangkat untuk mendukung ketika mencoba melihat tampilan template agar nantinya sempurna jika dibuka melalui berbagai perangkat lainnya.

Secara, perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengunjungi blog kita menggunakan berbagai macam perangkat seperti komputer maupun handphone dengan berbagai ukuran layar yang berbeda.

Nah agar template blog yang kamu gunakan bisa tampil sesuai perangkat yang digunakan oleh pengunjung maka kamu harus memperhatikan respon dari template yang kamu gunakan.

Jika harus melihat dari berbagai perangkat mungkin akan membutuhkan waktu yang lama karena kamu harus membuka satu persatu dari perangkat yang berbeda-beda.

Namun kali ini Wahyu IWe akan memberikan solusi agar kamu bisa melihat tampilan blog kamu cukup dengan satu perangkat namun bisa untuk mengecek tampilan blog dari berbagai perangkat.

Cara ini biasanya digunakan para sobat blogger yang sedang menguji tampilan blognya dalam versi mobile atau handphone, dengan cara ini kita bisa mengatur tampilan yang sesuai dengan kemauan kita.

Jadi ketika ada pengunjung yang mengakses blog kita melalui media mobile tampilan blog bisa sesuai dengan lebar layar gadget yang di pakai pengunjung.

Bagi para blogger saat ini cara ini hukumnya sudah menjadi sunnah muakad "mendekati wajib :)" karena saat ini lebih dari 70% pengguna internet kebanyakan mengakses melalui media mobile.

Jadi tamplate yang responsive menjadi wajib agar pengunjung betah dan nyaman ketika mengunjungi blog kita.
Berikut ini akan saya beri dua cara agar kamu bisa dengan mudah untuk memantau hasil "oprek" (membenahi) template untuk berbagai perangkat.

Dua Cara Melihat Blog Versi Mobile :

Cara Pertama :
Ketik alamat blog sobat di addressbar browser di bagian akhir alamat blog kita tambahkan "?m=1" tanpa petik, contoh : "http://wahyu-iwe.blogspot.com?m=1" lalu enter, lihat apa yang terjadi? tampilan blog akan terlihat seperti dalam versi mobile.

Blog Versi Mobile

Cara Kedua :
Masuk di link ini http://mobiletest.me pada halaman yang muncul silahkan pilih salah satu gambar gadget lalu masukkan link blog sobat. Berikut gambar tampilan halaman blog Wahyu IWe pada mobiletest.

Melihat Blog Versi Mobile di Komputer

Perlu diketahui bahwa tampilan diatas merupakan tampilan web dalam pc, namun untuk melihatnya dalam versi mobile sobat harus daftar dulu untuk menjadi anggota, baru bisa menampilkan versi mobilenya.

Kelebihan lainnya jika kita terdaftar sebagai anggota kita bisa sesuka hati memilih dari puluhan simulator berbagai merk handphone dan tablet, seperti Samsung, Nokia, Apple, BlackBerry, Motorolla, Huawei, HTC, dll. pokoknya buanyak-buanyak, dan pastinya tidak ada uang pendaftaran alias gratis :).

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Buka komentar
Tutup komentar

5 comments:

  1. untuk blog saya gak bisa lho, meskipun sudah menggunakan ?m=1/ ?m=0 tetap ada di versi desktop

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba perkecil (mode Restore Down) browsernya mas... tombol tengah pojok kanan atas diantara tombol Minimize dan Close

      Delete
  2. hihi saya sering menggunakan ektenssions dari chrome mas:) sama saja sih he

    ReplyDelete
  3. Ini niiiih yang saya cari... mantep

    ReplyDelete
  4. Bos pake saja ahir url dengan ?m=1 langsung di lepi

    ReplyDelete