Intel Kompute Stick : Komputer Mini Berbentuk Stik USB

Setiap waktu teknologi semakin berkembang dan bersaing, dan kian hari semua bentuk dan ukurannya pun semakin mengecil dan fleksibel, contoh yang sudah nyata, dulu untuk menyimpan sebuah dokumen dan file kita memerlukan disket karena semakin berkembangnya zaman saat ini keberadaan disket semakin langka dan jarang digunakan (bahkan ada yang gak tau bentuk disket seperti apa) yang kini sudah digantikan oleh sebuah alat kecil bernama Flashdisk, begitu juga modem kini menjadi bentuk stik USB dan gampang dibawa kemana-mana. Masih banyak contoh alat lain yang sudah berubah bentuk menjadi stik USB.
Intel Compute Stick
Intel Compute Stick
Nah kali ini giliran komputer yang berubah bentuk menjadi sebuah stik USB, hemmm... parah sob, yang dulunya komputer kita kenal banyak memakan tempat kini perangkat ini menjadi sebesar jari aja.

Intel adalah perusahaan raksasa cip dunia yang menyulap komputer menjadi bentuk stik USB dan dipamerkan di Consumer Electronic Show (CES) 2015 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

Bagaimana dengan spesifikasinya? komputer mini yang dijuluki "Compute Stick" ini memiliki spesifikasi yang lumayan dan tidak kalah dengan komputer-komputer lainnya, berikut spesifikasinya : Prosesor quad core Atom, storage 32 GB, dan RAM 2 GB. Konektivitas : WiFi 802.11 B/G/N, Bluetooth 4.0, dan sebuah port USB 2.0 dan micro USB. Colokan HDMI di ujungnya untuk ditancapkan ke monitor ataupun televisi. Sebagai penyuplai daya, Compute Stick hanya membutuhkan tenaga dari micro USB.

Agar bisa berfungsi, Compute Stick ini membutuhkan sebuah monitor/TV, mouse, dan keyboard -- baik kabel ataupun nirkabel.

Gimana, berminat untuk memilikinya? Berdasarkan informasi dari situs resmi Intel, Compute Stick ini akan dirilis di tahun 2015 ini dan dipasarkan dalam dua varian, dengan OS Windows 8.1 atau Ubuntu. Varian dengan Windows 8.1 akan dipasarkan seharga US$ 149. Sementara varian dengan Ubuntu akan dilengkapi dengan RAM hanya 1 GB dan storage hanya 8 GB serta dipasarkan di harga US$ 89 saja!

Info lebih lanjut lihat dimari sob Intel Compute Stick
Buka komentar
Tutup komentar

2 comments:

  1. Wah keren juga ya kalau punya komputer seperti itu. Sayangnya storagenya cuma kecil dan membutuhkan monitor untuk menampilkannya, jadi tidak sepenuhnya portable... Masih lebih praktis Laptop & Netbook

    ReplyDelete
  2. @Damar Pramudito Nurjati Iya sob setuju, semoga ditahun2 berikutnya sudah disertakan layar hologram sebagai pengganti monitor/tv kayak di pilem2 itu sob :))

    ReplyDelete