Cara Menyembunyikan File dan Folder di Windows Explorer

Windows Explorer adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari beberapa versi sistem operasi Microsoft Windows yang menyediakan antar muka grafis kepada pengguna untuk mengakses sistem berkas (baik itu sistem berkas cakram atau pun sistem berkas jaringan).

Komponen Windows inilah yang mempresentasikan antarmuka kepada pengguna di dalam monitor dan mengizinkan pengguna untuk mengontrol komputer yang menjalankan sistem operasi Windows. (source: https://id.wikipedia.org)

Lebih mudahnya, windows explorer merupakan tempat untuk mengatur berkas (file/data) yang terdapat dalam hardisk komputer, flashdisk, CD drive, atau pun jaringan.

Di dalam windows explorer kita bisa mengatur berkas yang terdapat dalam hardisk, flashdisk maupun drive lainnya, seperti menghapus, memindahkan, menggandakan, bahkan menyembuyikan file atau pun folder.

Menyembunyikan file dan folder di windows explorer

Kali ini Wahyu IWe mengangkat materi cara menyembunyikan file dan folder di windows explorer. Mungkin sebagian dari pembaca sudah tahu bahkan menganggapnya sebagai tips lama dan kuno alias jadul, lalu mengapa Wahyu IWe harus membahasnya kembali?

Kebanyakan orang-orang yang awam dunia komputer biasanya tidak mau mencari solusinya, bukan karena malas untuk mencari solusi namun karena tidak tahu kata kunci apa yang harus diketik di mesin pencari, dari fenomena tersebut Wahyu IWe berinisiatif untuk membuat artikel tentang cara menyembunyikan file dan folder di windows explorer ini agar kamu yang sudah baca ini bisa membantu mereka atau membantu menyebarluaskan untuk mereka yang masih awam.

Dari pengalaman pribadi, buktinya masih banyak (gak banyak-banyak amat juga hehe) teman-teman saya yang meski kerjanya tiap hari pegang (menggunakan) komputer atau pun laptop dia tidak tahu bahwa ada fitur menyembunyikan dan menampilkan file atau folder di windows explorer.

Dia sendiri jika ingin menyembunyikan file penting yang dia anggap sangat privasi masih menggunakan cara lama yaitu membuat folder sampe beruntun (sub folder) kayak kereta api, haha.

Kenapa harus menyembunyikan file/folder (data)?

Ada banyak alasan ketika orang hendak menyembunyikan data dalam windows explore, salah satu alasannya karena file tersebut penting.

Misal, komputer yang sering kamu pakai tidak hanya kamu yang menggunakan, namun orang lain juga sering menggunakan komputer tersebut.

Agar data-data milik kamu tidak mudah kena hapus atau apa pun alasannya, jadi kamu perlu untuk menyembunyikan dari orang lain.

Tidak perlu aplikasi apapun untuk melakukan hal tersebut, cukup gunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh windows.

Bukankah file yang disembunyikan di windows explorer masih bisa di buka oleh orang lain?

Jika file yang kamu miliki tidak ingin mudah untuk di "oprek" orang lain, mungkin alternatif ini bisa membantu kamu lebih dari sekedar menyembunyikan file namun akan menyamarkan file yang kamu miliki ke dalam bentuk file lain, lengkapnya silahkan baca di sini : Cara Menyembunyikan File ke Dalam Gambar Tanpa Software atau baca ini juga JPG+FileBinder: Menyembunyikan File Dalam Gambar.

Ada beberapa poin yang akan saya bahas kali ini, terkait dengan menyembuyikan file di windows explorer, yuk langsung ke tekape.

1. Mengatur file atau folder agar bisa di sembunyikan

Agar file/folder bisa kita sembunyikan di windows explorer, sebelumnya kita harus melakukan pengaturan pada file/folder yang akan kita sembunyikan, berikut caranya :

Klik kanan file/folder -- pilih Properties -- pilih tab General -- centang pada Hidden -- klik tombol OK, lebih jelasnya perhatikan dan ikuti petunjuk pada gambar berikut.

Menyembunyikan file dan folder di windows explorer 
Secara default windows akan mengatur pada posisi hidden/sembunyi di folder options, namun jika file/folder tidak langsung hilang (sembunyi) maka dibutuhkan pengaturan lagi seperti di bawah ini.

2. Mengatur folder options pada windows explorer

Setelah melakukan pengaturan pada file/folder seperti pada langkah di atas, selanjutnya kita akan mengatur pada windows explorer-nya, ikuti sesuai petunjuk berikut:

Bukan windows explorer pilih menu Organize -- Folder and search options -- pilih tab View -- pilih Don't show hidden files, folders, or drives -- OK.

Menyembunyikan file dan folder di windows explorer

Silahkan cek file/folder yang sudah kamu setting ke hidden tadi, jika menghilang berarti kamu sudah berhasil.

Lalu bagaimana jika saya ingin melihat kembali file yang sudah tersembunyi tadi?

Silahkan ikuti petunjuknya di bawah ini!

3. Cara melihat file yang tersembunyi

Jika kamu ingin melihat atau pun ingin mengedit file yang tersembunyi tadi, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah pada poin ke dua, namun pada tab View pilih "Show hidden files, folders, and drives" dan klik OK.

Silahkan lihat filenya dan kamu bisa melakukan perubahan pada file tersebut seperti biasa.

Setelah melakukan pengeditan (perubahan) pada file, jika ingin menyembunyikan kembali silahkan ulangi langkah poin ke dua diatas.

4. Mengembalikan file ke normal seperti sebelum disembunyikan

Bagaimana jika ingin mengembalikan file ke normal (mengembalikan file/folder ke awal sebelum disembunyikan)?

Cukup lakukan langkah ke tiga, lalu ulangi langkah pertama dan hilangkan centang pada Hidden.

Demikian cara menyembunyikan file atau pun folder pada windows explorer, semoga bermanfaat.

5 komentar

Baru bisa masuk blognya master..

Wah .. mas Wahyu sudah lumayan jago masalah komputer saya mesti banyak belajar banyak nih.. kalau saya boleh bertanya masalah komputer bleh gak, tapi soal ngetik nya saja..
Saya belum paham betul kalau nulis Artikel pada laptop cara ngetik huruf sebaris langsung pindah kebawah bagaimana ya contoh:

1. Abcd

2. Abcd

3. Abcd

Soalnya pada keypad laptop tak ada seperti di ponsel atau tablet, bagai mana caranya Mas?

Gak jago juga mas... hanya bisa sedikit aja... :)
untuk mengetik cara seperti itu bukannya tinggal tekan tombol "Enter" aja ya...

master atap Mas ter bang? wkwkwk

# Centang Notify me agar tahu balasan dari kami
# Pertanyaan di luar postingan, silahkan ke Contact
# Setiap komentar, saya pastikan berkunjung balik ke blog anda
# Maaf! tidak terima titip link, lebih lanjut silahkan baca FAQ
EmoticonEmoticon