Fakta atau Mitos: HP Baru Harus Di Charge Selama 8 Jam

Jika beli HP baru mesti di charge sampai 8 jam! dan jika baterai belum benar-benar habis jangan di charge dulu! sobat pengunjung pasti pernah dengar hal ini. Ketika kita membeli handphone baru maka tukang konternya atau teman akan menyarankan kita untuk men-charge hape baru kita sampai 8 jam dalam keadaan meninggal eh maksudnya mati/nonaktif hehe. Padahal menurut info dari pakar yang faham akan hal ini kebanyakan ponsel saat ini berkisar tahun 2001 sampai sekarang menggunakan baterai tipe Lithium Ion, sedangkan baterai yang harus di charge sampai 8 jam adalah jenis baterai NiCad yang digunakan ponsel pada tahun 1995 sampai 2000 dan setelah itu tidak digunakan lagi karena sudah digantikan oleh baterai jenis Lithium Ion yang kinerjanya lebih maksimal.
Fakta charge hp sampai 8 jam

Hampir seluruh produsen ponsel yang memproduksi ponsel diatas tahun 2000 tidak ada yang menganjurkan untuk men-charge ponsel sampai 8 jam karena baterai yang digunakan adalah Lithium Ion yang memiliki daya lebih besar. Meski demikian baterai tipe Lithium Ion ini tidak akan mengalami overcharge jika di charge sampai 8 jam.

Mitos Mencarge hp sampai 8 jam
Jenis Baterai NiCad dan Lithium Ion (Li-Ion)

Baca juga artikel unik lainnya disini :
---------------------------------------
Harus charge baterai sampai baterai 0% ?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Apple terbukti handphone yang di charge sebelum baterainya habis akan lebih tahan lama daripada handphone yang di charge setelah baterainya habis. Jadi mencharge handphone tidak perlu menunggu baterai kita sampai 0%, jika dibutuhkan sebelum baterai habis atau misal masih 90% pun tidak masalah untuk di charge karena baterai Lithium Ion tidak akan mengalami overcharge.

Berapa lama kita harus charge handphone kita?

Lama untuk mencharge handphone tergantung masing-masing handphone sesuai dengan kapasitas daya yang dimiliki, jika handphone sudah menunjukkan 100% berarti baterai sudah full dan sebaiknya segera di cabut untuk menghemat listrik hehe. Demikian postingan Wahyu-IWe kali ini semoga bermanfaat.

Buka komentar
Tutup komentar

1 comment: